Analisis Promosi Produk Dalam Marketplace Pada Toko A.Family’s Menggunakan K-Means
Abstract
Implementasi data mining untuk menganalisis promosi produk memiliki factor yang sangat penting didalam kemajuan Toko A. Familys, karena banyaknya produk yang dipromosikan tanpa mengetahui mana saja produk dalam promosi yang banyak dikunjungi, maka dari implementasi ini nantinya akan dapat mengetahui produk mana saja yang masih layak untuk dipromosikan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan algoritma k-means clustering yaitu mengelompokan data ke dalam beberapa cluster atau kelompok sehingga data dalam satu cluster memiliki tingkat kemiripan yang maksimum dan data antar cluster memiliki kemiripan yang minimum sesuai dengan data perhitungan Rapid Miner. Populasi dalam penelitian ini adalah data promosi produk dengan jumlah record sebanyak 468 promosi. Sehingga dapat diperoleh data tiap tiap produk. Dengan menggunakan algoritma k-means clustering dapat disimpulkan bahwa hasil dari clusterisasi menghasilkan 2 produk terbanyak dalam promosi, 10 produk sedang dalam promosi, dan 8 produk lainnya terendah dalam promosi.