Algoritma K–Means Untuk Menentukan Wilayah Promosi Peserta Didik Pada SDIT Ulul Albab Bekasi
Abstract
Promosi merupakan faktor penting dalam keberhasilan dalam suatu perusahaan. Dengan adanya promosi, barang, jasa atau apapun yang ingin di jual akan dapat mudah di sebar luaskan kepada masyarakat. Tetapi dalam melakukan promosi harus dengan strategi yang baik agar hasilnya juga lebih optimal, termasuk dalam mempromosikan SDIT ULUL ALBAB Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Permasalahan penelitian ini adalah belum adanya metode yang digunakan untuk menentukan wilayah promosi berdasarkan data peserta didik tahun ajaran 2019/2020 sesuai dengan indeks nama, asal sekolah,alamat, kelurahan, dan kecamatan. Penelitian ini mengunakan Algoritma K-Means yang mana dapat digunakan untuk membagi sejumlah objek ke dalam partisi- partisi berdasarkan kategori-kategori yang ada dengan melihat titik tengah yang diberikan. Cluster objek dilihat dari jarak objek dengan titik tengah yang paling dekat. Setelah mengetahui titik tengah terdekat, objek tersebut akan diklasifikasikan sebagai anggota dari kategori tersebut. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dari hasil dari cluster yang terbentuk menghasilkan wilayah promosi dengan mengirim tim marketing SDIT ULUL ALBAB ke sekolah-sekolah asal yang paling banyak diminati dan melakukan promosi.