Game Edukasi Menggunakan Learning The Actual Object Untuk Membantu Siswa Belajar Pada PAUD Nurul Yaqien Kota Bekasi
Abstract
Anak usia dini merupakan sosok individu yang tengah tumbuh dan berkembang, baik secara fisik maupun psikologisnya. Pada masa ini anak mudah menyerap segala sesuatu yang terjadi dilingkungannya, sehingga berpengaruh terhadap perkembangannya. Namun, dengan banyaknya kegiatan belajar disekolah yang mengutamakan teori, mengakibatkan anak menjadi pasif, kurangnya rasa ketertarikan dan perhatian anak. Maka dari itu, media pembelajaran ini dijadikan alat bantu bagi guru untuk menyampaikan materi pelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan mengacu pada potensi dan perkembangan anak terhadap aktifitas sehari-hari, mampu membangkitkan dan membawa anak ke dalam suasana senang dan gembira. Penulis merancang aplikasi game edukasi menggunakan Learning the Actual Object, model pembelajaran yang menggunakan objek berupa benda, suara dan gambar dan memanfaatkan software Unity3D berbasis Android.