Sistem  Informasi  Pemesanan Bengkel Online Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Pada CV. Axelindo Cikarang Selatan Bekasi

Penulis

  • Amat Damuri STMIK Al Muslim Author
  • Ibnu Triyanto STMIK Al Muslim Author

Kata Kunci:

metode waterfall, bengkel online, pemesanan, servis

Abstrak

Salah satu perusahaan yang ingin mencoba mengembangkan hal baru dengan pemanfaatan teknologi informasi adalah CV. Axelindo Cikarang Bekasi. CV ini, bergerak dalam bidang jasa yaitu perbaikan/bengkel atau servis kendaraan, jasa bubut dan lainnya. Diharapkan dengan memanfaatkan teknologi informasi akan lebih banyak pelanggan atau order yang masuk atau diterima.

Cukup banyaknya usaha bidang jasa bengkel untuk perbaikan kendaraan bermotor di daerah cikarang bekasi berakibat pula pada berkurangnya order jasa yang didapat. CV.Axelindo mencoba untuk mengembangkan strategi marketingnya dari yang hanya mengandalkan sistem offline (pelanggan datang langsung ke bengkel) menjadi ditambah dengan cara membuat pemesanan bengkel secara online.

Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall, yang diantara tahapannya adalah Requirement atau kebutuhan pengguna, desaign sistem yang didalamnya berisi rancangan sistem, implementation termasuk penulisan code program di dalamnya, testing atau pengujian dan maintenance. Pada tahap desain dan implementasi dibangun aplikasi dan software menggunakan bahasa pemograman PHP dengan database MYSQL.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi yang dapat digunakan oleh CV. Axelindo Cikarang guna membantu meningkatkan order bengkelnya yang sebelumnya hanya menggunakan cara offline menjadi dapat juga melalui cara online. Dalam sistem ini juga pelanggan dapat melihat status pemesanan bengkel/servis yang sudah dipesan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2023-08-31

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama