Sistem Informasi Pelayanan Pasien Berbasis Web Pada Klinik Harapan Sehat II Cikarang
Keywords:
Layanan Pasien, Klinik, Medical Record, Diagnosa dan TindakanAbstract
Klinik Harapan Sehat II adalah sebuah klinik di daerah Telagamurni Cikarang Barat. Sistem yang berjalan selama ini pada proses pendaftaran pasien yang masih manual menggunakan kartu Medical Record (MR) yang akan diisi petugas klinik saat ada pasien berobat untuk mencatat historis pemeriksaan pasien sehingga pada saat pasien berobat kembali, untuk mencari MR pasien tersebut membutuhkan waktu relatif lama. Hal ini juga dapat menyebabkan pemborosan biaya untuk mencetak kartu MR, pemborosan tempat untuk menyusun semua kartu MR dan lainnya. Kelemahan lain adalah bahwa kartu MR ini dapat rusak, hilang maupun tercecer atau kotor. Disamping itu proses transaksi pada klinik juga belum terkomputerisasi dengan baik sehingga semua data belum tersimpan dalam database. Penelitian ini menggunakan metode waterfall untuk merancang sistem informasi pelayanan berbasis web pada Klinik Harapan Sehat II Cikarang menggunakan PHP dan MySQL. Dengan pengembangan sistem ini maka proses pendaftaran pasien baru maupun informasi Medical Record pasien sudah tidak menggunakan kartu lagi namun sudah tersimpan sebagai database di klinik, sehingga tidak ada lagi resiko kartu pasien hilang atau tercecer saat dicari. Dengan sistem ini maka proses transakional menjadi lebih efektif serta sudah terintegrasi ke input diagnosa, tindakan dan obat di dokter poli serta apotik, sehinga meminimalisir kesalahan serta penyajian laporan yang meliputi data pendapatan berobat di poli, pendapatan tindakan maupun obat dapat dicetak sesuai periode tertentu, sehingga memudahkan rekap petugas perawat dalam menyampaikan laporan.