Sistem Pakar Identifikasi Kepribadian Siswa Menggunakan Metode Forward Chaining Di Sekolah Menengah Kejuruan Mandalahayu Bekasi
Keywords:
Forward Chaining, Sistem Pakar,, Identifikasi, KepribadianAbstract
Untuk mengatasi kendala identifikasi kepribadian siswa agar lebih tepat, penelitian ini mengembangkan sistem pakar berbasis forward chaining. Metode forward chaining digunakan untuk mengidentifikasi kepribadian siswa dengan menggunakan fakta yang akurat sesuai peraturan yang tertulis. Sistem pakar ini mengajukan pertanyaan langkah demi langkah kepada siswa untuk mengetahui kebiasaan dan sifat pribadi mereka. Manfaat dari penggunaan sistem pakar untuk meningkatkan kemudahan, penghematan waktu dan biaya dalam proses identifikasi. Keterbatasan pengetahuan dan keterlibatan pengguna harus dipertimbangkan saat menerapkan sistem ini. Penelitian ini memberikan kemudahan pada identifikasi kepribadian siswa, meningkatkan kualitas nasihat konseling, dan mengurangi waktu dan biaya proses identifikasi. Oleh karena itu, sistem pakar ini diharapkan dapat memberikan informasi yang tepat dan cepat kepada pembimbing akademik.