Analisis Asosiasi Dengan Apriori Untuk Penentuan Permintaan Barang Pada PT Danmotor Indonesia
Kata Kunci:
asosiasi, apriori, data mining, permintaan barangAbstrak
Kekurangan persediaan suku cadang motor terjadi pada penjualan suku cadang motor menjadi masalah perusahaan sehingga mempengaruhi produktifutas dan kepuasan pelanggan dalam pelayanan. Metode data mining dengan menggunakan algoritma Apriori diusulkan untuk menganalisa permintaan barang sehingga tidak terjadi kekuranang persediaan barang di PT. Danmotor Indonesia. Diharapkan dengan implementasi algoritma ini, biaya dapat dipangkas agar lebih efisien dengan cara melakukan pembelian suku cadang berdasarkan perhitungan. Berdasarkan perhitungan, didapatkan nilai confidence paling tinggi sebesar 87.76% dan dapat menghasilkan rule sebanyak 38 rule 3 itemset. Dapat disimpulkan bahwa Pencarian pola kemunculan barang yang sering di minta (asosiasi) dapat diterapkan pada PT Danmotor Indonesia dengan menggunakan algoritma apriori.