Penerapan Augmented Reality (AR) Sebagai Sarana Edukasi Pengenalan Tentang Jenis Transportasi Umum Di Indonesiamenggunakan Unity 3D Dan Vuforia Pada TKCH Pranata

Authors

  • Muhammad Galih Putra Wisesa STMIK Pranata Indonesia Author
  • Rama Adistya Nurtjahya Pamudji STMIK Pranata Indonesia Author

Keywords:

Augmented Reality, Unity 3D, Android, Vuforia, Transportasi Umum

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era digital telah mendorong inovasi dalam dunia pendidikan, salah satunya melalui penerapan Augmented Reality (AR). Teknologi ini memungkinkan penggabungan objek virtual dengan lingkungan nyata secara interaktif, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif, khususnya bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi pembelajaran berbasis Android dengan teknologi AR untuk memperkenalkan jenis-jenis transportasi umum di Indonesia kepada siswa TK CH Pranata. Aplikasi dikembangkan menggunakan Unity 3D dan Vuforia, yang terbukti andal dalam pengembangan AR. Metode pengujian dilakukan melalui uji coba langsung kepada siswa dan guru untuk mengukur peningkatan pemahaman materi dibandingkan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan AR mampu meningkatkan keterlibatan siswa, mempermudah guru dalam penyampaian materi, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan media pembelajaran berbasis AR di institusi pendidikan lainnya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-17

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.