Penerapan Augmented Reality (AR) Sebagai Sarana Edukasi Pengenalan Tentang Jenis Transportasi Umum Di Indonesiamenggunakan Unity 3D Dan Vuforia Pada TKCH Pranata
Kata Kunci:
Augmented Reality, Unity 3D, Android, Vuforia, Transportasi UmumAbstrak
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era digital telah mendorong inovasi dalam dunia pendidikan, salah satunya melalui penerapan Augmented Reality (AR). Teknologi ini memungkinkan penggabungan objek virtual dengan lingkungan nyata secara interaktif, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif, khususnya bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi pembelajaran berbasis Android dengan teknologi AR untuk memperkenalkan jenis-jenis transportasi umum di Indonesia kepada siswa TK CH Pranata. Aplikasi dikembangkan menggunakan Unity 3D dan Vuforia, yang terbukti andal dalam pengembangan AR. Metode pengujian dilakukan melalui uji coba langsung kepada siswa dan guru untuk mengukur peningkatan pemahaman materi dibandingkan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan AR mampu meningkatkan keterlibatan siswa, mempermudah guru dalam penyampaian materi, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan media pembelajaran berbasis AR di institusi pendidikan lainnya
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 IKRAM: Jurnal Ilmu Komputer Al Muslim

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
						 
							



